https://mchec.org/

Jokowi Mengatakan Tidak Akan Kampanye, Mahfud Tidak Ingin Mengomentari

mchec.org – Kandidat wakil presiden dengan nomor urut tiga, Mahfud MD, memilih untuk tidak memberikan komentar spesifik terhadap pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyatakan dirinya tidak akan terlibat dalam kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024. “Saya, sebagai peserta dalam kompetisi ini, tidak akan memberikan penilaian secara langsung,” ungkap Mahfud di Posbloc, Jakarta, pada hari Rabu, 7 Februari 2024. Eks Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut malah membalikkan pertanyaan kepada wartawan terkait dengan tindakan yang diambil oleh Jokowi, apakah itu termasuk kampanye atau tidak. “Namun, mengingat Anda berasal dari Kompas TV, saya serahkan penilaian tersebut kepada Anda,” tambah Mahfud.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan bahwa ia tidak akan terlibat dalam aktivitas kampanye meskipun ia merasa memiliki hak dan tidak ada pelanggaran terhadap peraturan yang ada jika ia memilih untuk berkampanye. “Siapa yang mengatakan itu? (bahwa saya akan ikut kampanye). Di sini, saya ingin menegaskan lagi pernyataan saya yang sebelumnya,” kata Jokowi dalam sebuah sesi keterangan pers di Sumatera Utara, yang dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden. “Memang, Presiden diperbolehkan oleh undang-undang untuk kampanye dan saya pernah menunjukkan aturan itu,” lanjutnya, merujuk pada pasal 299 dan pasal 281 dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, jika ditanya apakah ia akan terlibat dalam kampanye, jawabannya adalah tidak. “Namun jika pertanyaannya adalah apakah saya akan terlibat kampanye? Saya katakan tidak. Saya tidak akan terlibat dalam kampanye,” tegasnya.