https://mchec.org/

Dampak Masif Atas Bocornya Gas Amonia Pabrik Es di Karawaci, Hingga Ratusan Warga Dievakuasi dan Tanaman Mati

mchec.org – Kecelakaan industri yang serius telah terjadi di PT Danesja, sebuah pabrik pembuatan es di Koang Jaya, Karawaci, di Kota Tangerang, pada Selasa, 6 Februari 2024. Insiden tersebut melibatkan kebocoran pipa gas amonia, yang memiliki konsekuensi luas dan serius. Warga setempat yang terdampak kebocoran ini telah mengekspresikan kemarahan mereka dan mendesak agar pabrik tersebut direlokasi atau ditutup karena dampaknya yang merugikan masyarakat sekitar. Kebocoran gas amonia ini mengakibatkan banyak orang menghirup gas berbahaya tersebut.

Peristiwa kebocoran ini terjadi pada dini hari sekitar pukul 02.45 WIB, yang disebabkan oleh terlepasnya salah satu pipa gas. Zain Dwi Nugroho, Kapolres Metro Tangerang Kota, menjelaskan, “Pabrik es memanfaatkan gas amonia sebagai bagian dari proses pendinginannya dan selama proses tersebut, terjadi insiden pipa yang terlepas.”

Akibat kebocoran ini, sekitar 200 warga harus dievakuasi karena bau amonia yang kuat, terutama di sekitar lokasi kejadian. Tim pemadam kebakaran segera bertindak dengan menyiram area untuk mengurangi intensitas bau yang menyengat tersebut.

Pada perkembangan terbaru, sebanyak 52 warga yang sempat dibawa ke rumah sakit kini telah dipulangkan. “Hingga pukul 15.00 WIB kemarin, ada 52 korban yang terdampak, dan mereka semua sudah kembali ke rumah masing-masing,” kata Maryono Hasan, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang, pada Rabu, 7 Februari 2024. “Area pabrik telah disterilkan oleh pihak kepolisian,” tambahnya.

Pada saat kejadian kebocoran, pekerja di pabrik sedang dalam proses pembuatan es balok ketika secara tiba-tiba terjadi ledakan yang diikuti oleh bau menyengat yang membuat sulit bernapas dan iritasi mata. Maryono menambahkan bahwa sejumlah 45 karyawan dan penduduk setempat telah dilarikan ke rumah sakit karena mengalami kesulitan bernapas dan iritasi mata akibat insiden ini.