https://mchec.org/

Ganjar Akan Beri Internet Gratis Dan di Jawa Tengah Sudah Segini

mchec.org – Ganjar Pranowo, kandidat presiden dengan nomor urut tiga, menekankan pentingnya akses internet gratis sebagai alat untuk mengatasi kesenjangan sosial, memperbaiki manajemen data di sektor pendidikan dan kesehatan, serta membantu mengurangi tingkat kemiskinan. Ganjar mengutarakan pandangannya ini dalam debat sengit dengan Prabowo, kandidat presiden nomor urut satu, pada Debat Final Pilpres yang berlangsung Minggu, 4 Februari 2024.

“Internet yang memadai itu kunci dalam mengatasi kesenjangan. Data tentang pendidikan, kesehatan, hingga masalah kemiskinan, semuanya bisa terintegrasi. Menghadapi ketimpangan ini sangatlah krusial,” jelas Ganjar.

Inisiatif untuk menyediakan internet gratis bukanlah hal baru bagi Ganjar, yang sebelumnya telah menerapkannya di Jawa Tengah selama masa jabatannya sebagai Gubernur.

Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah telah melaksanakan Program Internet Desa, yang menyediakan akses internet tanpa biaya di berbagai desa. Sejak 2022 hingga 2023, program ini telah melayani 384 desa, dengan rincian sebanyak 53 desa di tahun 2022 dan 331 desa di tahun 2023. Program ini dijadwalkan untuk terus berlangsung di tahun 2024 dengan tujuan memperluas jaringan internet ke 215 desa tambahan.

“Pembagian akses internet gratis kepada 215 desa ini akan dilakukan dalam empat tahap, dimulai dengan 29 desa pada Januari, dilanjutkan dengan 46 desa pada Februari, 70 desa pada Maret, dan 70 desa lagi pada April,” ungkap Nana Sudjana, yang saat ini menjabat sebagai Gubernur sementara Jawa Tengah, pada acara peresmian program Internet Desa Tahun 2024 yang diadakan di Gedung Gradika Bhakti Praja di kompleks kantor gubernur di Jalan Pahlawan, Semarang, pada hari Rabu, tanggal 23 Januari.