https://mchec.org/

Prabowo Berjanji Kurangi Angka Kematian Ibu Hamil, Sebab Hal Ini

mchec.org – Dalam debat capres final 2024, calon presiden dengan nomor urut dua, Prabowo Subianto, menanggapi pertanyaan dari Anies Baswedan, calon presiden nomor urut satu, yang menyoroti tingginya angka kematian ibu di Indonesia selama proses kelahiran. “Memang benar, kita harus mengakui pentingnya peran perempuan dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, prioritas saya adalah mendukung nutrisi ibu hamil,” ucap Prabowo.

Prabowo juga menambahkan, “Memberikan akses ke pendidikan dan layanan kesehatan yang memadai adalah kunci. Kita harus mengurangi angka kematian ibu yang saat ini masih termasuk salah satu yang tertinggi di dunia, khususnya di 10 negara teratas.”

Indonesia saat ini menempati posisi ketiga di Asia Tenggara untuk angka kematian ibu yang tertinggi, dengan jumlah mencapai 173 per 100.000 kelahiran hidup, menurut data terkini.

Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap tingginya angka kematian ibu di Indonesia meliputi masalah kesehatan yang sudah ada sebelum masa kehamilan, seperti anemia pada wanita usia subur, kekurangan kalori, obesitas, dan penyakit komorbid.