https://mchec.org/

Ganjar Perluas Pengolahan Sampah Hingga Buka Lowongan Kerja Mencapat 17 Juta Lapangan

mchec.org – Dalam pertemuan dengan para pekerja di sektor informal yang bergerak di bidang pengelolaan sampah, Calon Presiden dengan nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengutarakan pandangannya tentang pembukaan lapangan kerja baru. Menurut Ganjar, terciptanya 17 juta peluang pekerjaan baru dapat meliputi berbagai bidang dan lokasi, termasuk industri pengolahan sampah.

Konsep ekonomi sirkular yang dipromosikan oleh Ganjar diakui memiliki potensi positif, terutama dalam penanganan masalah sampah. Ganjar menjelaskan bahwa sampah organik, misalnya, dapat diubah menjadi pakan maggot yang berkontribusi pada ketahanan pangan, mulai dari rantai pasok hingga pakan ternak. Selain itu, sampah juga dapat diolah menjadi protein alternatif untuk pakan ternak.

Setelah mengunjungi Waste4Change di Bekasi, Jawa Barat, pada hari Senin (5/2/2024), Ganjar mengungkapkan bahwa ia telah berdialog dengan peternak maggot dan mengetahui adanya kendala serius dalam pasokan makanan. Dia menyoroti bahwa beberapa pemerintah kota telah memberikan contoh yang baik dengan memberikan insentif dan bantuan sehingga inisiatif-inisiatif tersebut dapat berjalan dengan lancar, menurut penjelasan Ganjar.

Calon Presiden dari Partai Perindo, Ganjar Pranowo, menambahkan bahwa saran yang diberikan oleh para ibu penggerak Bank Sampah sangat bermanfaat dan akan lebih efektif jika dapat diaplikasikan di tingkat Rukun Warga (RW).

Menurut Ganjar, dengan strategi yang tepat, masyarakat di tingkat RW dapat mengatasi masalah sampah sejak dari hulu. Namun, dia mengakui bahwa solusi ini memerlukan pendidikan dan kesadaran yang luas karena prosesnya tidak semudah yang dibayangkan. Ganjar menekankan perlunya peningkatan edukasi mengenai pengelolaan sampah yang efektif di kalangan masyarakat.