https://mchec.org/

Penganiaya Perempuan Dalam Mobil di Probolingo Viral Tertangkap

mchec.org – Pihak kepolisian telah berhasil menangkap pelaku kekerasan terhadap seorang wanita muda di Probolinggo yang sebelumnya menjadi perhatian publik karena video insiden tersebut menjadi viral. Korban dan pelaku, yang ternyata merupakan pasangan kekasih, terlibat dalam sebuah pertengkaran.

Iptu Djuwantoro Setyowadi dari Unit Reskrim Polsek Kraksaan menyatakan bahwa pihaknya langsung bergerak cepat mengejar pelaku setelah menerima laporan adanya kekerasan. Ketika pelaku dan korban yang berada di dalam sebuah mobil mencoba melarikan diri, petugas yang telah bersiaga di depan Polsek sempat membiarkannya pergi. Namun, karena lampu lalu lintas yang berubah menjadi merah, kendaraan mereka terhenti.

“Pelaku akhirnya dapat dihentikan saat terjebak di lampu merah. Dia sempat menolak untuk turun kendaraan meskipun kami sudah menyatakan identitas sebagai aparat kepolisian. Setelah itu, personel dari Samapta Polres Probolinggo datang dan membawa pelaku ke Polsek Kraksaan,” ujar Setyo pada hari Selasa, 30 Januari 2024.

Dalam pemeriksaan, pelaku yang dikenal dengan inisial YI mengungkapkan rasa frustasinya terhadap korban, berinisial JA, karena JA tidak merespons panggilan teleponnya. YI menduga bahwa JA memiliki hubungan dengan orang lain.

“Karena itulah mereka terlibat pertengkaran dalam mobil yang berada di area Kecamatan Pajarakan. Setelah mobil milik YI diparkir di lokasi yang menjadi viral, YI bergabung dalam mobil JA untuk menghindari perdebatan di depan umum,” kata Setyo.

Setyo menambahkan bahwa kasus ini tidak dilanjutkan ke proses hukum berikutnya setelah kedua belah pihak keluarga pelaku dan korban bertemu. Korban kemudian dijemput dan dibawa pulang oleh keluarganya, sementara pelaku dibawa oleh petugas ke tempat kejadian untuk mengambil mobilnya yang telah diparkir.

Menurut Iptu Djuwantoro Setyowadi, ada tanda-tanda lebam pada tubuh perempuan yang menjadi korban dalam insiden tersebut. Namun, kejadian tersebut telah diselesaikan secara internal oleh kedua keluarga yang terlibat. “Kami menemukan lebam di tubuh korban, tetapi masalah tersebut telah ditangani dan diselesaikan secara kekeluargaan. Kami melakukan tindakan cepat sebagai respons terhadap laporan masyarakat karena ada kekhawatiran terkait kemungkinan aksi premanisme atau perampokan, khususnya setelah melihat reaksi histeris wanita tersebut dalam video,” jelas Setyo.

Sebelumnya, video viral menunjukkan seorang perempuan muda yang meminta bantuan karena menjadi korban penganiayaan di dalam mobil telah menyebar luas di media sosial. Video tersebut direkam oleh seseorang dari masyarakat dan memperlihatkan perempuan tersebut dalam keadaan terdistres.

Video tersebut dilaporkan terjadi di Pajarakan, di jalur utama antara Probolinggo dan Situbondo. Kejadian itu terjadi pada hari Senin, 29 Januari, sekitar pukul 17.00 WIB.

Dalam klip video berdurasi 16 detik tersebut, terlihat seorang perempuan muda berkaus pink dan celana hitam sedang menangis dan meminta tolong kepada warga. Korban berada di dalam sebuah mobil Avanza berwarna putih dengan nomor polisi N 1922 PE yang pintunya terbuka.