https://mchec.org/

13 Orang Tersesat di Gunung Pangrango Ditemukan Dengan Kondisi Begini

mchec.org – Semua 13 individu yang hilang di kawasan Pasirpogor, Cibedug, Bogor telah berhasil ditemukan oleh tim penyelamat,” ujar Sapto ketika dihubungi via telepon genggam pada hari Senin, 29 Januari 2024.

Sapto menjelaskan bahwa kelompok tersebut merasa lelah setelah menghabiskan hampir tiga hari di wilayah Gunung Gede Pangrango.

“Semuanya dalam kondisi baik namun lelah. Terdapat juga dua orang yang mengalami keseleo yang mungkin disebabkan oleh terjatuh atau tersandung selama perjalanan,” katanya.

Dia menambahkan bahwa 13 orang itu sebenarnya tidak melakukan pendakian biasa, melainkan ziarah ke situs patilasan di Kulah Dua yang terletak di Gunung Pangrango. “Mereka adalah peziarah, bukan pendaki gunung,” tuturnya.

Sapto menambahkan bahwa mereka awalnya terpisah menjadi dua kelompok selama pendakian namun bergabung kembali menjadi satu kelompok saat menuruni gunung.

“Dua orang yang terkilir tidak melanjutkan perjalanan dan didampingi oleh satu orang lainnya. Sementara 10 orang lainnya melanjutkan ziarah ke Kulah Dua. Namun, saat perjalanan pulang, mereka semua bersama-sama, dan itu sebabnya mereka ditemukan bersamaan,” jelas Sapto.

“Namun, mungkin mereka lupa mengenai jalur yang benar untuk turun, sehingga mereka malah memilih jalur lewat Pasirpogor,” sambungnya.

Sapto menyampaikan bahwa 13 peziarah tersebut telah segera dievakuasi ke Kantor Resort Tapos dengan bantuan tim SAR. “Kami akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam terhadap mereka, terutama berkaitan dengan aktivitas yang mereka lakukan selama periode penutupan jalur pendakian serta kegiatan lainnya,” ujarnya menutup pembicaraan.

Sebelumnya dilaporkan bahwa 13 orang dilaporkan hilang di Gunung Gede Pangrango. Mereka diketahui memulai pendakian ke Gunung Gede pada hari Sabtu, 27 Januari 2024, melalui jalur yang tidak resmi atau dianggap ilegal, yaitu lewat Cibedug Bogor.