https://mchec.org/Ahok Mundur Dari Pertamina Bukan Dipengaruhi Megawati Diungkap Puan

mchec.org – Puan Maharani, anggota Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, mengungkapkan bahwa keputusan Basuki Tjahaja Purnama, yang lebih dikenal sebagai Ahok, untuk mengundurkan diri dari posisi Komisaris Utama di PT Pertamina (Persero) diambil secara independen tanpa konsultasi sebelumnya dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Puan menegaskan bahwa tindakan Ahok tersebut merupakan hasil dari pertimbangan pribadi yang didasari oleh dinamika situasi terkini yang dirasakan kurang mendukung.

Menurut Puan, “Tidak ada dialog terkait hal ini, Pak Ahok telah membuat keputusan itu atas inisiatif sendiri, dengan mempertimbangkan kondisi saat ini yang dirasakan semakin tidak menguntungkan,” demikian disampaikan Puan saat di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada hari Sabtu, tanggal 3 Februari.

Puan Maharani menekankan bahwa keputusan Basuki Tjahaja Purnama untuk mengundurkan diri dari jabatan Komisaris Utama Pertamina adalah keputusan mandiri. “Kalau saya berkata itu (keputusannya didukung), nanti orang-orang akan menganggap itu direncanakan. Tidak, itu benar-benar keputusan yang diambil oleh Pak Ahok sendiri,” ujar Puan.

Dalam konteks politik yang lebih luas, Puan menambahkan bahwa langkah yang diambil Ahok untuk meninggalkan perannya di Pertamina dan bergabung dalam kampanye politik memberikan momentum positif bagi pasangan Ganjar-Mahfud menjelang pemilihan umum 2024. Puan berharap keikutsertaan Ahok akan membawa energi dan optimisme baru, yang akan mendukung usaha bersama dalam meraih kemenangan di pemilihan legislatif serta pemilihan presiden yang akan datang.

“Kembalinya Ahok ke arena politik diharapkan dapat menjadi angin segar, memberikan semangat dan harapan baru, sehingga secara kolektif kita dapat bekerja sama untuk memenangkan pemilu legislatif serta pemilihan presiden yang akan datang,” tutur Puan.

Ahok sendiri telah menyatakan bahwa setelah mengundurkan diri dari jabatannya di Pertamina, ia akan mengalihkan fokusnya untuk mendukung Ganjar-Mahfud, khususnya dalam kampanye di wilayah Jakarta.

“Saya akan mengarahkan perhatian pada kampanye, terutama di Jakarta,” ucap Ahok, dalam pernyataannya di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada hari Sabtu, 3 Februari.

By mchec