https://mchec.org/

Pemain Rugby Berhasil Selamatkan Penumpang Sakit di Pesawat

mchec.org – Seorang penumpang mengalami situasi darurat medis selama penerbangan, tetapi beruntung mendapat bantuan tepat waktu, termasuk dari seorang atlet rugby profesional. Pemain tersebut adalah TE Mark Andrews, dikenal atas keterampilannya dalam olahraga American Football.

Seorang pengguna platform sosial media X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), dengan nama akun @NaturalSprings, membagikan kisah tentang seorang wanita yang mengalami keadaan darurat medis ketika berada di atas penerbangan Southwest Airlines yang bergerak dari Baltimore menuju Phoenix di Amerika Serikat.

Seorang wanita yang terbang dengan maskapai Southwest dari Baltimore menuju Phoenix pagi ini mengalami keadaan darurat medis selama penerbangan. Menurut keterangan yang dibagikan pada Jumat, 2 Februari 2024, tim medis di pesawat kesulitan mendeteksi nadi yang stabil, tekanan darah pasien sangat rendah, dan ia membutuhkan oksigen untuk mendukung pernapasannya. Situasi tersebut menimbulkan ketakutan di antara penumpang.

Di tengah keadaan darurat tersebut, salah satu penumpang yang berperan sebagai penyelamat adalah TE Mark Andrews, yang merupakan anggota klub Baltimore Ravens yang berkompetisi di National Football League, liga profesional American Football. Dengan ketenangan, dia menawarkan bantuan dengan memberikan alat tes diabetes yang ia miliki, mengingat dirinya sendiri adalah seorang yang hidup dengan diabetes tipe 1.

Andrews kemudian memberikan instruksi kepada tim medis tentang cara menggunakan alat tes gula darah tersebut. Berkat tanggapnya, kondisi jantung wanita tersebut berhasil kembali ke keadaan stabil.

Situasi yang tegang di pesawat akhirnya mereda dan tenang saat paramedis bertindak cepat menangani wanita tersebut setelah pesawat mendarat.

“Paramedis langsung mendekati pesawat setelah pendaratan. Andrews tetap tenang selama seluruh proses. Tidak ada kegaduhan. Seperti dalam banyak momen penting dalam karirnya, dia tampil di saat yang sangat dibutuhkan,” demikian ungkapan Andrew Springs dalam ceritanya.

Sebagai respons terhadap peristiwa tersebut, akun resmi Baltimore Ravens di platform X membagikan pernyataan dari Andrews.

“Dengan adanya pramugari yang responsif dan bergerak cepat, orang-orang yang benar-benar menjadi pahlawan adalah para perawat dan dokter di pesawat. Untungnya, mereka bisa memberikan pertolongan pertama yang sangat dibutuhkan oleh wanita itu,” kata TE Mark Andrews dalam pernyataannya.

Meskipun keadaan berakhir aman, kepanikan sempat terjadi.

“Untuk kurang lebih 90 menit, suasana di pesawat amat menegangkan. Bahkan sempat ada pertimbangan untuk mengubah rute penerbangan untuk pendaratan darurat,” ujar Springs dalam wawancaranya dengan WBAL NewsRadio 1090 AM dan 101.5 FM yang dilansir pada Jumat, 2 Februari 2024.