https://mchec.org/Aksi Sadis Yudha Arfandi Kepada Dante, Benamkan Korban di Kolam Renang Hingga 12 Kali

mchec.org – Tragedi yang menimpa Raden Adante Khalif Pramudityo, yang dikenal sebagai Dante, putra dari artis Tamara Tyasmara, dan kejadian di kolam renang yang melibatkan Yudha Arfandi, telah terungkap. Polisi telah menemukan serangkaian peristiwa yang terjadi sebelum Dante meninggal di kolam renang tersebut.

Kepala Subdirektorat Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Rovan Richard Mahenu, mengungkapkan bahwa Yudha membawa Dante bersama dengan anak perempuannya yang berusia enam tahun, yang disingkat MMA, ke kolam renang untuk berenang bersama. “Memang benar (bahwa Yudha membawa anaknya berenang). Mereka bertiga berada di dalam kolam renang,” kata Rovan melalui komunikasi tertulis pada hari Senin, tanggal 12 Februari 2024.

Kombes Wira Satya Triputra, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, memaparkan bahwa sebelum melakukan tindakan terhadap Dante, Yudha tampak mengamati sekelilingnya. Hal ini terungkap setelah penyidik meninjau rekaman kamera CCTV yang dianalisis oleh Pusat Laboratorium Forensik Polri.

“Hasil investigasi menunjukkan bahwa tersangka melihat ke sekelilingnya, memeriksa apakah ada orang lain yang memperhatikan,” ungkap Wira saat konferensi pers. “Kemudian, ia menenggelamkan korban ke dalam kolam sebanyak dua belas kali,” lanjutnya.

Menurut Wira, tindakan Yudha mengamati sekelilingnya menunjukkan bahwa ia berusaha memastikan tidak ada yang menyaksikan aksinya. “Ini menunjukkan adanya rencana agar tindakan tersebut tidak diketahui orang lain, dan seolah-olah korban meninggal karena tenggelam,” jelas Wira. Namun, teori ini masih terus diteliti oleh tim penyidik yang bekerja sama dengan Pusat Laboratorium Forensik Polri, Asosiasi Psikologi Forensik Indonesia (Apsifor), serta berdasarkan keterangan dari saksi-saksi. “Mengenai motif di balik peristiwa ini, tim penyidik masih mendalami informasi yang ada. Kami juga menunggu analisis lebih lanjut dari tim Apsifor,” kata Wira.

Wira mengkonfirmasi bahwa Yudha menenggelamkan Dante di kolam renang dewasa yang memiliki kedalaman 1,5 meter, setelah sebelumnya mengajak Dante dan MMA menyelam di kolam yang lebih dangkal dengan kedalaman 1,3 meter. Yudha kemudian meminta MMA dan Dante untuk berpindah dan berenang di kolam yang lebih dalam tersebut.

By mchec