https://mchec.org/

Bahasa Isyarat Anies Viral di Medsos, Saatnya Perubahan di Seluruh Wilayah Indonesia

mchec.org – Selama pidato pembukaan dalam debat pemilihan presiden 2024 yang kelima, Anies Baswedan menarik perhatian banyak orang dengan mengadopsi bahasa isyarat dalam presentasinya. Aksi ini menjadi topik hangat di media sosial yang sebelumnya dikenal dengan nama Twitter, kini disebut X. Pengguna media sosial tersebut merespon dengan antusias, banyak yang menyatakan kekaguman mereka terhadap keputusan Anies untuk memasukkan elemen inklusif dalam pidatonya.

Anies mendapat kesempatan ketiga untuk menyampaikan visi misinya pada debat yang diselenggarakan pada hari Minggu, 4 Februari 2024. Sebelum memulai paparannya, ia melakukan gestur dengan menunjuk pada arlojinya menggunakan tangan kanan, disusul dengan gerakan jari yang berputar dari depan ke belakang.

Pengguna media sosial X menjadi ramai membahas arti di balik gerakan tersebut. Sebagian besar interpretasi netizen menyimpulkan bahwa gestur yang Anies tunjukkan mengandung pesan “waktunya untuk perubahan.” Diketahui bahwa Anies sebelumnya telah menggunakan gestur serupa ketika berinteraksi dengan komunitas tuna rungu.

Debat yang berfokus pada tema-tema seperti Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi ini, menyoroti pentingnya pembahasan tentang isu-isu inklusi sosial dalam platform politik.