https://mchec.org/

Gibran Soroti Anak Muda Masa Sekarang Tidak Suka Kerja Kantoran

mchec.org – Calon wakil presiden dengan nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, telah mencermati bahwa generasi muda di berbagai wilayah menyampaikan kepadanya bahwa mereka merasa kurang nyaman dengan struktur pekerjaan kantor tradisional yang memiliki jam kerja tetap.

Selama masa kampanyenya dan dalam interaksinya dengan pemuda-pemudi, Gibran mengamati bahwa banyak dari mereka lebih tertarik untuk terlibat dalam industri ekonomi kreatif yang menawarkan keleluasaan dan fleksibilitas.

“Saya perhatikan saat ini banyak pemuda yang menghindari pekerjaan konvensional di kantor yang mengharuskan mereka bekerja dari pagi hingga sore. Mereka ingin mencari nafkah dan menyokong keluarga melalui sektor ekonomi kreatif,” ungkap Gibran dalam sebuah diskusi bertajuk ‘Bincang Ekonomi Kota Kreatif’ yang berlangsung di Tangerang Selatan, Banten, pada hari Sabtu, 3 Februari.

Dengan menyaksikan tren ini, Gibran berkomitmen untuk memprioritaskan pengembangan industri kreatif jika ia terpilih menjadi wakil presiden. Dia berjanji akan menyediakan dukungan yang meliputi kemudahan dalam prosedur administratif dan dukungan finansial.

Gibran juga menyatakan keyakinannya bahwa ide-ide inovatif yang dimiliki oleh pemuda masa kini perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah agar dapat diwujudkan. Dia juga menambahkan bahwa selain di bidang ekonomi kreatif, generasi muda juga memiliki kecenderungan yang kuat terhadap isu-isu lingkungan.

Gibran Rakabuming Raka, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, menekankan pentingnya inovasi dalam pengelolaan limbah, khususnya melalui proses daur ulang menjadi produk yang memiliki nilai tambah. Ia menyatakan bahwa banyak inspirasi yang datang dari generasi Z dan milenial terkait hal ini.

Selanjutnya, Gibran menyatakan keinginannya untuk meningkatkan daya saing produk lokal dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia agar dapat bersaing dengan produk impor, khususnya dari pasar luar negeri seperti China. Sebagai langkah strategis, dia berencana mendorong digitalisasi UMKM untuk memperluas jangkauan dan akses pasar.

Gibran Rakabuming Raka, yang berpasangan dengan Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden dengan nomor urut dua pada pemilihan presiden 2024, didukung oleh koalisi yang mencakup partai-partai seperti Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, Gelora, PBB, Garuda, PSI, dan Prima. Koalisi ini sebagian besar terdiri dari partai-partai yang juga mendukung pemerintahan saat ini di bawah Presiden Joko Widodo.

Pasangan ini akan berkompetisi melawan pasangan nomor urut satu yang diisi oleh Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, serta pasangan nomor urut tiga yang diwakili oleh Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam ajang politik tahun ini.