https://mchec.org/

Lengkap Bocoran Pembicaraan Sri Mulyani dan Puan Maharani

mchec.org – Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, melakukan pertemuan dengan Puan Maharani, Ketua DPR, yang berlangsung di Gedung DPR, Jakarta, pada Kamis, 26 Januari 2024. Informasi mengenai pertemuan ini disebarkan oleh Sri Mulyani melalui akun Instagram pribadinya, @smindrawati, pada hari Jumat, 26 Januari 2024. Dalam keterangan yang diunggah, ia menyatakan bahwa tujuan pertemuan tersebut adalah untuk melakukan konsultasi tentang pergantian anggota dewan pengawas dari Lembaga Pengelola Investasi (LPI), dengan fokus pada anggota dari kalangan profesional.

Sri Mulyani menambahkan bahwa konsultasi ini dijalankan sesuai dengan mandat yang ada dalam Undang-Undang Cipta Kerja dan juga Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2020 tentang Lembaga Investasi Pemerintah.

Presiden Joko Widodo telah mengirimkan dua nama calon baru untuk Anggota Dewan Pengawas LPI kepada DPR, yang tercantum dalam surat nomor R-56/Pres/10/2023 tertanggal 25 Oktober 2023, yang juga meminta agar nama-nama tersebut dikonsultasikan dengan DPR.

Sri Mulyani juga menginformasikan bahwa ia diberi tugas oleh Presiden Jokowi, melalui surat dari Menteri Sekretaris Negara nomor B-988/M/D-3/AN.01.00/10/2023 tanggal 23 Oktober 2023, untuk menjalankan konsultasi ini dengan DPR.

Mengingat pentingnya proses ini, Sri Mulyani menekankan bahwa posisi yang kosong di Dewan Pengawas LPI harus segera diisi mengingat pentingnya peran LPI sebagai alat pemerintah untuk mengelola pembangunan dengan tata kelola yang baik dan berkelanjutan. LPI, yang terdiri dari Dewan Pengawas dan Dewan Direktur, harus diisi oleh individu yang memiliki kompetensi yang sesuai dalam bidangnya.

Dalam pesannya, Sri Mulyani berharap seluruh proses pemilihan anggota Dewan Pengawas LPI dapat berjalan dengan baik dan pada akhirnya meningkatkan kinerja LPI dalam menjalankan perannya sebagai Sovereign Wealth Fund yang dimiliki oleh Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Sri Mulyani Indrawati ditemani oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Suahasil Nazara selaku Wakil Menteri Keuangan, Kartika Wirjoatmodjo yang menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN, serta Rionald Silaban sebagai Direktur Jenderal Kekayaan Negara di bawah Kementerian Keuangan.

Dari pihak DPR, Puan Maharani menghadiri pertemuan bersama dengan beberapa anggota penting, seperti Said Abdullah yang merupakan Ketua Badan Anggaran DPR, serta Dolfie Othniel Frederic Palit yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi XI, keduanya merupakan anggota dari Fraksi PDI Perjuangan.