https://mchec.org/

Pelaku Begal di Lumajang, Merampas HP, Motor, dan Setubuhi Korban

mchec.org – Di area Wisata Padang Savana yang terletak di Lumajang, dua orang yang diduga sebagai pelaku pembegalan berhasil ditangkap oleh kepolisian. Mereka dituduh telah merampok sebuah ponsel dan sepeda motor milik korban. Dalam kejadian yang lebih parah, kedua tersangka juga dituduh telah melakukan tindakan seksual terhadap korban.

Identitas kedua tersangka diketahui berinisial AL, berumur 44 tahun, dan TM, berumur 47 tahun, keduanya merupakan penduduk dari Desa Selok Anyar di Kecamatan Pasirian, Lumajang. AL bahkan harus ditembak oleh pihak kepolisian karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap.

Peristiwa ini berlangsung di kawasan sepi di Wisata Padang Savana, yang berada di Desa Pandan Wangi, Kecamatan Tempeh, Lumajang. Dikatakan oleh AKBP Muhammad Zainur Rofik, Kapolres Lumajang, kepada media, korban dan temannya sedang berada di savana saat dua orang tak dikenal mendekat dan mengancam mereka dengan senjata tajam.

Tersangka mengancam korban dengan pisau dan celurit, lalu meminta ponsel dan sepeda motor korban. Selain itu, salah satu dari pelaku juga melakukan tindakan seksual terhadap korban yang masih di bawah usia dewasa. Setelah melakukan perbuatan tersebut, pelaku melarikan diri, meninggalkan korban di tempat kejadian.

Setelah berhasil ditangkap, kedua pelaku dibawa ke markas kepolisian Lumajang. Polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk senjata tajam yang digunakan untuk mengancam, pakaian dari pelaku dan korban, serta ponsel dan sepeda motor yang merupakan milik dari pelaku dan korban.

Dalam menghadapi proses hukum, kedua pelaku dihadapkan pada pasal 81 Undang-Undang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman hingga 15 tahun penjara, serta pasal 365 dari KUHP tentang pencurian dengan kekerasan yang membawa ancaman hukuman hingga 9 tahun penjara.

“Pelaku dijerat dengan pasal 81 dari Undang-Undang Perlindungan Anak serta pasal 365 KUHP terkait pencurian dengan kekerasan,” tutup Rofik.